Selasa, 24 Desember 2013

Cerita Dari Dalam Kantong Celana


Tersebutlah seseorang yang sangat menikmati kebahagiaan dan ketenangan didalam hidupnya. Orang tersebut memiliki sebuah celana dengan dua kantong yang berbeda. Kantong yang satu terdapat lubang dibawahnya sedangkan kantong yang satu lagi tidak terdapat lubang.

Tiap hari dia membuat catatan-catatan tentang semua yang dialaminya. Segala sesuatu yang menyakitkan dan menyedihkan, yang didengar dan dialaminya seperti cacian, sindiran bahkan makian.. ditulisnya disebuah kertas dan digulung kecil. Kemudian dimasukkan kedalam kantong yang berlubang.

Sebaliknya semua yang indah dan bermanfaat yang dialaminya... ditulis di sebuah kertas dan digulung, kemudian dimasukkan kedalam kantong yang tidak ada lubangnya.

Setiap malam hari dia mengeluarkan semua yang ada dikantong. Dari kantong yang tidak berlubang dia membaca tulisan-tulisan dari catatan itu dan menikmati hal-hal yang indah yang telah diperoleh dan dialaminya sepanjang hari itu. Kemudian dia merogoh kantong yang ada lubangnya, tetapi dia tidak menemukan apapun disitu karena catatan-catatannya telah terjatuh dan hilang.

Maka diapun tertawa dan tetap bersukacita karena tidaka ada sesuatu yang dapat merusak hati dan jiwanya.

Sahabatku.... Ketahuilah bahwa itulah yang seharusnya kita lakukan dalam kehidupan yang kita jalani ini. Menyimpan semua yang baik dalam "kantong yang tidak ada lubangnya", sehingga tidak satupun yang baik akan hilang dari kehidupan kita.

Sebaliknya... Simpanlah semua hal yang buruk yang pernah terjadi dalam kehidupan kita di "Kantong yang ada lubangnya" supaya hal-hal yang buruk itu akan terjatuh dan biarkan hilang... tidak perlu kita ingat lagi.

Tetapi masih banyak diantara kita yang melakukan hal tersebut dengan terbalik. Kita menyimpan hal baik di "Kantong yang belubang" dan hal yang tidak baik di "Kantong yang tidak berlubang". Karena pola yang terbalik ini kita akan selalu memelihara pikiran-pikiran jahat dan segala sesuatu yang menyakitkan hati. Hal ini akan menyebabkan jiwa kita menjadi tertekan dan tidak ada gairah dalam menjalani hidup.

Maka dari itu, supaya kita bisa menikmati kehidupan yang bahagia dan tenang, janganlah kita menyimpan apa yang tidak baik didalam hidup kita, biarkan dia hilang sirna jauh dari tatapan kita. Sehingga tidak satupun dari kita yang tidak merasakan ketenangan dan kebahagiaan. Mari kita sama-sama menyimpan hal yang baik-baik agar dapat bermanfaat bagi kita dihari esok.

Semoga tulisan sederhana ini memberi hikmah yang baik dan bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar